Indonesia Menang Lawan Filipina Piala Asia U-19, Skor 2-0

Sahabat sebagin info, akhirnya Indonesia berhasil menang lagi mendominasi penguasaan bola dan penciptaan peluang, Indonesia sukses menang 2-0 atas Filipina pada lanjutan kualifikasi Grup G Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (10/10/2013). Sepasang gol skuad Garuda Muda dicetak Muhammad Hargianto dan Yabes Roni.

Tambahan tiga poin tersebut membuat Indonesia terus menempel Korea Selatan di klasemen sementara Grup G. Indonesia saat ini berada di peringkat kedua dengan poin enam, kalah selisih gol dari Korea Selatan.

Dalam pertandingan kali ini, pelatih Indonesia, Indra Sjafri melakukan sejumlah rotasi pemain. Maklum, di laga berikutnya, Indonesia akan menghadapi Korea Selatan, yang pada pertandingan sebelumnya sukses mengalahkan Laos 5-1.

Meski begitu, para pemain Indonesia masih dapat menguasai tempo permainan di menit-menit awal. Percobaan tendangan spekulasi Dinan Yahdian Javier pada menit kelima pun nyaris berbuah gol jika bolanya tidak menyamping tipis di sisi kanan gawang Filipina.

Filipina sendiri lebih banyak bertahan dengan mengandalkan serangan balik. Skuad asuhan Marlon Manos Maro itu terlihat menempatkan hampir semua pemainnya di barisan pertahananya sendiri ketika Indonesia melakukan serangan.

Pada menit ke-20 dan 26, Indonesia mendapatkan kesempatan emas melalui Dinan dan Evan Dimas. Akan tetapi, peluang itu belum membuahkan hasil karena sundulan Dinan masih dapat ditepis kiper Filipina, Ronilo Bayan dan bola tendangan bebas Evan Dimas membentur mistar gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Indonesia tercipta pada menit ke-27. Kali ini Hargianto sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah bola tendangan bebas indahnya dari jarak sekitar 25 meter sukses menembus jala gawang Filipina.

Hingga menit-menit akhir, skuad Garuda Muda terus menekan pertahanan FIlipina. Akan tetapi, sejumlah peluang yang diperoleh Evan Dimas dan kawan-kawan tidak dapat dikonversi menjadi gol lagi. Skor 1-0 untuk Indonesia pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Selepas turun minum, Indonesia masih mendominasi permainan. Pada menit ke-53, berawal dari kerja sama satu dua dengan Evan Dimas, Zulfiandi melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola tendangannya masih dapat ditepis Ronilo sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

Hingga pertengahan babak kedua, Indonesia terus menguasai jalannya tempo pertandingan. Beberapa kali, Indonesia memperoleh peluang untuk menambah golnya. Pada menit ke-72, misalnya, saat tendangan Evan Dimas mampu ditepis kiper Ronilo yang tampi cukup baik.

Enam menit sebelum akhir laga, pemain pengganti Yabes Roni akhirnya sukses menggandakan keunggulan Indonesia. Menerima umpan dari Paulo Sitanggang, Yabes melepaskan bola ke sudut sempit yang tak dapat dihalau kiper Ronilo. Skor 2-0 pun bertahan hingga wasit meniup panjang.

Hasil ini membuat Indonesia mau tidak mau harus bekerja keras saat berhadapan dengan Korea Selatan, Sabtu (12/10/2013). Maklum, jika gagal meraih poin penuh pada laga tersebut, Indonesia harus hitung-hitungan produktivitas gol dengan penghuni peringkat kedua sembilan grup lainnya agar dapat lolos ke putaran final dengan status runner-up terbaik.

Susunan Pemain
Filipina: 3-Ronilo Bayan; 5-Amani Aguinaldo, 16-Jay Bucayan, 21-Julian Clarino, 24-Keanu Alvarez, 27-Jimson Crestal; 8-Valentino Calvo, 11-Nikko Benedictom 7-David Diamante (9-Carmelo Vicente 87), 17-Junel Bautista (18-Gaudin Maasin 53), 23-Daniel Gadia
Pelatih: Marlon Manos Maro

Indonesia: 1-Ravi Murdianto; 2-Putu Gede, 4-Mahdi Fahri Albaar, 16-Hansamu Yama Pranata, 5-Muhammad Fatchu Rohman (11-Hendra Sandi 85); 6-Evan Dimas Darmono, 8-Muhammad Hargianto, 19-Zulfiandi (17-Paulo Sitanggang 62); 20-Ilham Udin Armaiyn; 10-Muchlis Hadi Nung Kurniawan, 9-Dinan Yahdian Javier (31-Yabes Roni 69)
Pelatih: Indra Sjafri

Wasit: Win Cho (Myanmar)

Artikel Terkait :

No comments:

*